Senin, 11 September 2017

[Book Review] Passion Stories – Qalbinur Nawawi


Judul: Passion Stories
Penulis: Qalbinur Nawawi
Penerbit: Metagraf
Tebal: 158 Halaman
ISBN: 978-602-6328-28-1
Sinopsis: Belajar bagaimana pentingnya menjadi diri sendiri dari Rinni Wulandari. Terus belajar dan memperbarui diri seperti Hendy Setiono. Membangun relasi dan kerja tuntas seperti Sandiaga Uno. Mau berproses dari “bawah” seperti Dion Wiyoko. Menjadi sosok yang unik seperti Whulandary Herman. Punya target yang dikejar seperti Arbain Rambey dan Taufik Hidayat. Berani total seperti Umar Syarief. Asah kemampuan sambil berkarya dari Dewa Budjana. Dan punya sistem produktivitas seperti Dewi Lestari.

***
“Passion adalah potensi atau bakat yang ada pada setiap orang. Saya percaya bahwa setiap orang diberikan bakat oleh Tuhan dan tugas kita adalah mencari dan mengasahnya” 
~ Halaman 43 ~
Kalimat di atas disampaikan oleh Dewa Budjana ketika ditanya apa makna passion bagi dirinya. Sebagai musisi yang kini tercatat sebagai salah satu musisi papan atas Indonesia, Dewa Budjana konsisten mengasah kemampuan bermusiknya sejak remaja karena bermusik adalah passionnya. Mengikuti kata hati hingga yang lain akan mengikuti.
Dalam buku ini tidak hanya Dewa Budjana yang bercerita soal passion yang membawa ia menuju kesuksesan seperti saat ini. Ada sepuluh orang yang secara gamblang menceritakan perjalanan mereka dalam mencapai puncak karir mereka. Mereka adalah Hendy Setiono si pengusaha pemilik Kebab Turki Baba Rafi, Sandiaga Uno pengusaha yang mencatatkan diri sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia, Dewa Budjana musisi yang tak lelah berkarya, Dion Wiyoko aktor yang digandrungi banyak orang, dan Arbain Rambey sang maestro fotografi. Selain itu, ada Whulandary Herman seorang model berprestasi, Umar Syarief si legenda karate, Rinni Wulandari penyanyi yang tak lelah membuktikan diri, Dewi Lestari penulis supernova yang fenomenal, dan yang terakhir adalah Taufik Hidayat atlet bulu tangkis kelas dunia.
Siapa sih yang tidak kenal mereka, saya rasa semua orang sudah pernah mendengar nama mereka. Karya dan prestasi mereka sudah mendunia. Menjadi panutan banyak orang. Siapa yang tahu ternyata mereka adalah orang orang yang pantang menyerah dalam mencapai apa yang mereka dapatkan kini.
Meskipun cerita mereka berbeda-beda namun ada satu hal yang sama yang ada pada diri mereka yaitu mereka mengikuti PASSION mereka. Mereka tidak menyerah dalam mengasah kemampuan yang mereka miliki dan meyakini bahwa itulah yang mereka cintai. Tidak lupa juga mereka menjadi diri mereka sendiri. 
"Bila seseorang sudah punya passion terhadap suatu bidang, saat menemui halangan, dia tidak akan mudah 'meleleh'" ~Arbain Rambey, halaman 70~
Buku ini sangat menarik untuk dibaca. Dari cerita mereka setidaknya kita tahu bahwa menekuni passion tidak pernah membuat kita rugi. Malah akan mendatangkan banyak hal baik di masa depan. Mereka adalah buktinya. Menyimak kisah sukses orang lain menjadi salah satu media belajar bagi kita. 

1 komentar: