Kamis, 24 Agustus 2017

[Book Review] Happy Little Soul (Belajar Memahami Anak Dengan Penuh Cinta) - Retno Hening Palupi


Judul: Happy Little Soul (Belajar Memahami Anak Dengan Penuh Cinta)
Penulis: Retno Hening Palupi
Penerbit: Gagas Media
Tebal: 202 Halaman
ISBN: 978-979-780-886-0

Blurb: "Ndak apa-apa, itu namanya be-la-jar". Atau, "Sorry....", seru Kirana sambil tersenyum dengan tatapan mata teduhnya yang siapa pun pasti tak bisa menolaknya. Please...sorry....thank you....adalah kata-kata tulus nan menggemaskan yang kerap disampaikan oleh Kirana ketika bermain. Baginya, belajar dari kesalahan is okay. Dan bagi Ibuk, dia justru banyak belajar tentang sabar dari sang anak, Mayesa Hafsah Kirana."


***
Kira-kira dua tahun yang lalu adik perempuan saya menunjukkan tingkah lucu Kirana di akun Ibuk @retnohening. Saat itu saya hanya melihat sekilas dan senyum-senyum lihat Kirana di video itu. Kirana saat itu mungkin belum genap berusia dua tahun, sayapun lupa video mana yang saya lihat pertama kali. Hanya sebatas itu. Waktu berlalu hingga akhirnya saya memfollow akun @retnohening sesaat setelah menikah di bulan April tahun ini. Jadilah saya sering mantengin tingkah lucunya Kirana yang dishare ibunya. Saya merasa kagum dengan betapa manisnya Kirana. Sampai-sampai suami saya juga ikut-ikutan sering stalking @retnohening. 

Buku ini terdiri dari 11 bab, yaitu:
  1. Selamat Datang, Cahaya
  2. Saling Jatuh Cinta
  3. Mari Saling Bicara Dan Memahami
  4. Bekerja Sama Dengan Anak, Yuk!
  5. I Love You, I Appreciate You
  6. Bermain Dan Belajar
  7. Do Fun Things, Follow The Rules
  8. Let's Be Creative Parents!
  9. Mengajarkan Kebaikan
  10. Don't Give Up, We Are Special!
  11. Menjadi Ibu Yang Bahagia

Dari judul bab-bab tersebut pasti sudah menebak isi bukunya secara garis besar ya. Ibuk Retno menceritakan kisahnya bersama Kirana sejak Kirana masih dalam kandungan, melahirkan Kirana, hingga kini Kirana berusia tiga tahun. Permainan-permainan yang sering dilakukan Ibuk Retno dan Kirana. Bagaimana Ibuk Kirana mengasuh Kirana dan usahanya mengajarkan kebaikan-kebaikan pada Kirana. Semua diceritakan oleh Ibuk Retno. Kalau yang sering stalking akunnya Ibuk Retno dan melihat tingkah Kirana di sana pasti akan bergumam "ya ampun pantes aja Kirana jadi seperti itu" - anak manis dan penyayang. 

Kisahnya disampaikan dengan bahasa yang sederhana, mudah dicerna. Dan karena  berdasarkan pengalaman pribadi jadi terasa dekat dengan pembaca, setidaknya bagi saya. Bukunya yang full colour juga bikin semangat baca bukunya. Suami saya juga jadi ikutan baca, sampai dibawa-bawa ke kantor, haha.

Mungkin di luaran sana para Ibu-Ibu lainnya juga melakukan hal yang sama seperti yang Ibuk Retno lakukan pada Kirana. Tapi yang membedakannya adalah karena Ibuk Retno menuliskannnya, membaginya dengan orang lain. Hal ini berarti bagi orang lain, tak terkecuali bagi saya yang seorang calon Ibu. Setidaknya saya punya gambaran bagaimana lika-liku menjadi seorang ibu, hal-hal apa yang akan dihadapi nantinya, dan cara menghadapinya. Ini memang bukan buku parenting yang ditulis oleh seorang ahli parenting, tapi setidaknya cukup untuk menginspirasi dan menghibur. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar