Rabu, 09 November 2016

[Book Review] For One More Day (Satu Hari Bersamamu) - Mitch Albom


Judul: For One More Day (Satu Hari Bersamamu)
Penulis: Mitch Albom
Penerjemah: Olivia Gerungan
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal:  248 Halaman
ISBN: 978-602-03-3340-3
Sinopsis: For One More Day adalah kisah tentang seorang ibu dan anak laki-lakinya, kasih sayang abadi seorang ibu, dan pertanyaan berikut ini: Apa yang akan kau lakukan seandainya kau diberi satu hari lagi bersama orang yang kau sayangi, yang telah tiada?
Ketika masih kecil, Charley Benetto diminta untuk memilih oleh ayahnya, hendak menjadi “anak mama atau anak papa, tapi tidak bisa dua-duanya”. Maka dia memilih ayahnya, memujanya –namun sang ayah pergi begitu saja ketika Charley menjelang remaja. Dan Charley dibesarkan oleh ibunya, seorang diri, meski sering kali dia merasa malu akan keadaan ibunya serta merindukan keluarganya yang utuh.
Bertahun-tahun kemudian, ketika hidupnya hancur oleh minuman keras dan penyesalan, Charley berniat bunuh diri. Tapi gagal. Dia justru dibawa kembali ke rumahnya yang lama dan menemukan hal yang mengejutkan. Ibunya –yang meninggal delapan tahun silam –masih tinggal di sana, dan menyambut kepulangannya seolah tak terjadi apa-apa.

***

Minggu, 06 November 2016

[Random Post] Bangkit Dari Reading Slump Di November Rain

timbunan yang akan saya babat bulan ini ......*rencana*


Entah apa sebab musababnya sehingga di Oktober yang lalu tidak ada satupun buku yang saya baca hingga tuntas. Rasanya malas sekali membaca. Buku yang saya baca terasa sangat tidak menarik, padahal dulu ketika membelinya saya menggebu-gebu bahagia. Baru baca satu halaman sudah bosan. Mending sih kalau cuma bosan, lah ini berasa ngantuk juga. Maka jadilah saya kebanyakan tidur. Parah bet. Obralan buku yang dishare teman-teman BBI pun nggak ngaruh sama saya. Saya nggak berminat buat bikin WL dan nitip sama mereka....huft. Pokoknya males!

Kamis, 06 Oktober 2016

[Book Review] Tuesday With Morrie (Selasa Bersama Morrie) - Mitch Albom


Judul: Tuesday With Morrie (Selasa Bersama Morrie, Pelajaran Tentang Makna Hidup)
Penulis: Mitch Albom
Penerjemah: Alex Tri Kantjono Widodo
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal:  209 Halaman
ISBN: 978-602-03-0681-0
Sinopsis: Bagi kita mungkin ia sosok orangtua, guru, atau teman sejawat. Seseorang yang lebih berumur, sabar, dan arif, yang memahami kita sebagai orang muda penuh gelora, yang membantu kita memandang dunia sebagai tempat yang lebih indah, dan memberitahu kita cara terbaik untuk mengarunginya. Bagi Mitch Albom, orang itu adalah Morrie Schwartz, seorang mahaguru yang pernah menjadi dosennya hampir dua puluh tahun yang lampau.

***

Minggu, 04 September 2016

[Book Review] Girls In The Dark - Akiyoshi Rikako


Judul: Girls In The Dark
Penulis: Akiyoshi Rikako
Penerjemah: Andry Setiawan
Penerbit: Penerbit Haru
Tebal:  279 Halaman
ISBN: 978-602-7742-31-4
Sinopsis: Ketua Klub Sastra, Shiraishi Itsumi, mati. Di tangannya ada setangkai bunga lily.

Pembunuhan? Bunuh diri?
Tidak ada yang tahu.
Satu dari enam gadis anggota Klub Sastra digosipkan sebagai pembunuh gadis canti berkarisma itu.

Seminggu sesudahnya, Klub Sastra mengadakan pertemuan. Mereka ingin mengenang mantan ketua mereka dengan sebuah cerita pendek. Namun ternyata, cerita pendek yang mereka buat adalah analisis masing-masing tentang siapa pembunuh yang sebenarnya. Keenam gadis itu bergantian membaca analisis mereka, tapi ......

***

Penasaran nggak sih baca sinopsisnya yang seperti itu?. Kalau kamu juga penasaran maka kita sama. Buku ini adalah hadiah dari mas Andry sendiri (penerjemah sekaligus tim penerbit haru), yang waktu itu bagi-bagi buku buat BBI Jogja. Asyik dapet gratisan deh *ups. Bisa dibilang buku ini adalah buku pertama dari penerbit haru yang saya miliki. Sebelumnya nggak pernah beli bukunya haru, hiks. Awalnya lihat buku ini berasa horror, saya agak takut-takut buat baca. Maklum saya paling males baca genre horror. Tapi akhirnya saya beranikan diri juga buat baca buku ini. 

Jumat, 02 September 2016

[Book Review] The Five People You Meet In Heaven (Meniti Bianglala) - Mitch Albom


Judul: The Five People You Meet In Heaven (Meniti Bianglala)
Penulis: Mitch Albom
Penerjemah: Andang H. Sutopo
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal:  208 Halaman
ISBN: 978-602-03-0656-8
Sinopsis: Eddi bekerja di taman hiburan hampir sepanjang hidupnya, memperbaiki dan merawat berbagai wahana. Tahun-tahun berlalu, dan Eddie merasa terperangkap dalam pekerjaan yang dirasanya tak berarti. Hari-harinya hanya berupa rutinitas kerja, kesepian, dan penyesalan.

Pada ulang tahunnya yang ke-83, Eddie tewas dalam kecelakaan tragis ketika mencoba menyelamatkan seorang gadis kecil dari wahana yang rusak. Ketika terjaga, dia mendapati dirinya di alam baka. Dan ternyata Surga bukanlah Taman Eden yang indah, melainkan tempat kehidupan manusia di dunia dijelaskan lima orang yang telah menunggu. Lima orang yang mungkin orang-orang yang kita kasihi, atau bahkan orang-orang yang tidak kita kenal, namun telah mengubah jalan hidup kita selamanya, tanpa kita sadari.

***

Jumat, 19 Agustus 2016

[Book Review] Dua Belas Pasang Mata - Sakae Tsuboi


Judul: Dua Belas Pasang Mata
Penulis: Sakae Tsuboi
Penerjemah: Tanti Lesmana
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal:  248 Halaman
ISBN: 978-602-03-0024-5
Sinopsis: Sebagai guru baru, Bu Guru Oishi ditugaskan mengajar di sebuah desa nelayan yang miskin. Di sana dia belajar memahami kehidupan sederhana dan kasih sayang yang ditunjukkan murid-muridnya. Sementara waktu berlalu, tahun-tahun yang bagai impian itu disapu oleh kenyataan hidup yang sangat memilukan. Perang memorak-porandakan semuanya, dan anak-anak ini beserta guru mereka mesti belajar menyesuaikan diri dengan perubahan zaman.

***
Bu Guru Oishi adalah seorang guru yang baru saja tamat dari sekolah guru di kota yang kemudian ditugaskan di sebuah sekolah dasar terpencil di desa nelayan yang miskin. Setiap hari dia harus menempuh jarak delapan kilometer dari rumahnya untuk sampai ke sekolah. Beruntung ia menggunakan sepeda yang ia kredit dari seorang temannya di kota, jadi dia bisa mempersingkat waktu. Meski begitu, tetap saja ia harus berangkat lebih pagi dari rumahnnya. Ia menjadi satu-satunya perempuan yang menggunakan sepeda dan tidak berpakaian kimono seperti pada umumnya di desa nelayan tersebut. Maka jadilah ia terkenal dalam sekejap.

Jumat, 12 Agustus 2016

[Book Review] Fortunately, The Milk (Untunglah, Susunya) - Neil Gaiman


Judul: Fortunately, The Milk (Untunglah, Susunya)
Penulis: Neil Gaiman
Ilustrator: Skottie Young
Alih Bahasa: Djokolelono
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal:  128 Halaman
ISBN: 978-602-03-1225-5
Sinopsis: “Aku membeli susu,” kata Ayah. “Aku keluar dari toko pojok, dan mendengar suara aneh seperti ini: dhum…dhumm… Aku mendongak, dan kulihat piringan perak besar menggantung di atas Jalan Marshall.”
“Halo,” pikirku. “Itu bukan sesuatu yang kaulihat setiap hari. Lalu sesuatu yang aneh terjadi.”
***

Rabu, 10 Agustus 2016

[Book Review] Botchan - Natsume Soseki


Judul: Botchan
Penulis: Natsume Soseki
Penerjemah: Indah Sati Pratidina
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal:  217 Halaman
ISBN: 978-602-03-3167-6
Sinopsis: Seperti cerita The Adventures of Huckleberry Finn, Botchan mengisahkan pemberontakan seorang guru muda terhadap "sistem" di sebuah sekolah desa. Sifat Botchan yang selalu terus terang dan tidak mau berpura-pura sering kali membuat ia mengalami kesulitan dalam berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya. Cerita yang dituturkan secara humoris ini sangat populer di kalangan tua dan muda di Jepang, dan barangkali merupakan novel klasik yang paling banyak dibaca di Jepang modern.
***
Botchan dalam bahasa Jepang bisa dikatakan bermakna "tuan muda", panggilan sopan yang ditujukan untuk anak laki-laki ketika ia masih kanak-kanak yang berasal dari keluarga terpandang. Dalam halaman pengenalan di buku ini telah dijelaskan bahwa kata Botchan di buku ini tidak bisa diterjemahkan ke dalam bahasa lain karena kandungan makna di dalamnya. Maka judul buku ini tetaplah menggunakan judul aslinya dalam bahasa Jepang, Botchan.

Senin, 25 Juli 2016

[Book Review] Little Women - Louisa May Alcott


Judul :
 Little Women 
Penulis : Louisa May Alcott
Penerjemah : Annisa Cinantya dan Widya Kirana
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 378 Halaman
ISBN : 978-602-03-1036-7
Sinopsis : "Kisah kehidupan keluarga March yang mempunyai empat orang putri, tinggal di daerah Concord, Amerika Serikat pada abad ke-19. Meg yang cantik, Jo yang tomboi, Beth yang rapuh, dan Amy yang artistik. Bersama Laurie, pemuda tetangga yang menjadi teman mereka sejak kecil, keempat gadis ini berusaha meraih impian masing-masing di tengah kondisi keluarga yang berat dan tengah ditinggal sang ayah yang harus ikut berperang."
***
Buku ini membawa kisah tentang empat orang anak perempuan dari keluarga March. Mereka adalah Meg, Jo, Beth, dan Amy (secara berurutan dari anak pertama sampai terakhir). Ibu mereka, Mrs. March biasa dipanggil Marmee oleh anak-anaknya. Marmee berprofesi sebagai pekerja sosial di sebuah Panti. Mereka sekeluarga tinggal bersama di sebuah rumah di daerah Conrod, Amerika Serikat dengan setting abad ke-19. Sang ayah tidak bersama mereka karena sedang ikut berperang. Selain itu ada Hannah yang menjadi tukang masak di rumah mereka, ketika Marmee pergi bekerja. Meski begitu Hannah tidak tinggal bersama mereka, Hannah hanya datang untuk memasak.

Sabtu, 16 Juli 2016

[Book Review] 3 Cinta 1 Pria - Arswendo Atmowiloto


Judul: 3 Cinta 1 Pria
Penulis: Arswendo Atmowiloto
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 296 Halaman
Kategori: Novel Dewasa

Sinopsis: Bong jatuh cinta pada gadis yang dipanggil Keka. Itu biasa, karena selama ini ada lelaki lain yang juga naksir Keka. Juga biasa, kalau cinta menggebu tapi sekaligus ragu tak berakhir di pernikahan. Yang tak biasa, Keka memberi nama anak perempuannya Keka juga. Ternyata Keka generasi kedua ini tertarik pada Bong, walau hamil dengan lelaki lain. Bong menyelamatkan bayi yang nyaris digugurkan. Bayi itu dipanggil Keka Siang, karena lahirnya siang hari.........
***
Ini adalah cerita tentang Bong, seorang yaa bisa dibilang pelaku seni. Bong adalah seorang pelukis. Tapi tidak hanya itu karena ia mengerjakan pekerjaan seni lainnya seperti membuat barang kerajinan , membuat ilustrasi untuk buku dan bermain teater. Si Bong lelaki normal yang jatuh hati kepada seorang perempuan cantik bernama Keka. Mereka sama-sama jatuh cinta. Keka jatuh cinta pada semua yang ada pada Bong, meskipun Bong dianggap tak punya masa depan oleh orang tua Keka. Cinta mereka menggebu namun teralalu ragu untuk berakhir di pernikahan. Bong terlalu takut untuk mengatakan bahwa ia butuh Keka ada di sisinya. Hingga Keka terpaksa menerima pinangan lelaki lain yang dijodohkan keluarganya.

Minggu, 10 Juli 2016

[Book Review] Broken Vow - Yuris Afrizal


Judul: Broken Vow
Penulis: Yuris Afrizal
Penerbit: Stiletto Book
Tebal: 270 Halaman
ISBN: 978-602-7572-41-6
Kategori: Novel Dewasa
Sinopsis: Tiga sahabat. Tiga pernikahan. Tiga luka.
“Amara, dia punya segalanya. Kecantikan yang sempurna dan kehidupan pernikahan yang diimpikan setiap perempuan. Namun, hanya kisah Cinderella yang berakhir happily ever after, karena ternyata mencintai saja tidak cukup, dan menjadi sempurna pun tidak cukup.
Nadya, memiliki karier yang cemerlang. Menikah diusia 30 hanya untuk menghindari pertanyaan-pertanyaan yang selalu mengganggunya. Baginya, keinginan dan harapan kadang berbenturan dengan realitas yang ada.
Irena, si superwoman. Berkarier dan menjadi ibu rumah tangga sekaligus. Potret keluarga bahagia yang sesungguhnya. Namun, siapa yang mengira jalan hidup Irena akan menikung tajam?
Siapakah di antara tiga sahabat ini yang paling berbahagia dengan pernikahannya – atau justru paling menderita? Prasangka dan iri pun diam-diam ada di hati mereka. Apakah persahabatan yang telah terjalin itu dapat tetap bertahan? Dan, dapatkah mereka menemukan kebahagiaannya masing-masing?”
***

Rabu, 06 Juli 2016

[PosBarBBI] My Holiday Reading List


goodreads.com


Selamat datang bulan Juli, Selamat datang liburan.

Tema Posbar BBI 2016 bulan Juli adalah #BBIHoliday. Mengapa holiday?, karena bulan Juli kali ini identik dengan liburan. Bulan ini banyak liburnya, mulai dari libur sekolah, libur kuliah dan juga libur lebaran. Banyak yang memilih untuk berlibur ke tempat-tempat wisata yang lagi hits, berlibur ke rumah saudara atau memilih berlibur hanya di rumah saja. Yaa...meskipun harus diakui liburan kali ini saya belum ada rencana liburan ataupun jalan-jalan *masih nunggu ada yang ngajakin*. Sepertinya saya akan banyak di rumah.

Minggu, 26 Juni 2016

[PosBarBBI] My Bookish Confession

Haihoooo….

Jadi ini adalah kali pertama saya ikut posting barengnya BBI (anggota macam apa ini --“). Mohon dimaafkan yaa Divisi Event…hehe. Gegara hampir dua tahun jadi anggota BBI dan nggak pernah sekalipun ikutan posting bareng maka bulan ini saya bertekad harus ikutan posting bareng. Tema posbar di bulan Juni ini adalah #BBIBookishConfession yang berisi pengakuan anggota BBI tentang hubungan mereka dengan buku. Jadi kali ini mau ngaku apa aja tentang buku yang selama ini disembunyikan dari khalayak ramai adalah sah-sah saja. Nggak ada yang larang …. Yess!!!.

Setelah menimbang-nimbang dan bersemedi cukup lama maka saya memutuskan untuk membuat semacam daftar pengakuan tentang buku yang selama ini bersinggungan dengan saya. Ini tak lebih agar mudah disimak saja :D

Selasa, 21 Juni 2016

[Book Review] Slammed (Cinta Terlarang) - Collen Hoover


Judul: Slammed  (Cinta Terlarang)
Penulis: Colleen Hoover
Penerjemah: Shandy Tan
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 336 Halaman
ISBN: 978-979-22-9518-4
Kategori: Novel Dewasa
Sinopsis:
Layken harus kuat demi ibu dan adiknya. Kematian mendadak sang ayah, memaksa mereka untuk pindah ke kota lain. Bayangan harus menyesuaikan diri lagi dengan lingkungan baru sungguh menakutkan Layken. Namun semua berubah, begitu ia bertemu dengan Will Cooper, tetangga barunya….
***
“Apa laki-laki itu selalu memperlakukanmu dengan hormat? Itu pertanyaan pertama. Pertanyaan kedua adalah, misalkan dua puluh tahun lagi dia masih orang yang persis sama dengan dia yang sekarang, apakah kau tetap mau menikah dengannya? Terakhir, apakah laki-laki itu menggugah keinginanmu menjadi orang yang lebih baik? Jika berhasil menemukan laki-laki yang bisa membuatmu menjawab iya untuk ketiga pertanyaan tadi, berarti kamu sudah menemukan laki-laki yang baik.” ~ Halaman 46 ~

Minggu, 19 Juni 2016

[Random Post] Cecelia Ahern, Si Penulis Romance Favorit


*sumber gambar: evoke.ie*


Cecelia Ahern, adalah salah satu penulis yang saya koleksi bukunya dan saya nobatkan sebagai penulis romance favorit saya. Harus diakui bahwa baru pada tahun inilah saya mulai membaca buku-buku Cecelia. Meskipun sebenarnya saya sudah lama mendengar nama Cecelia tapi tidak pernah sempat mencari bukunya bahkan lupa dengan namanya tiap kali saya ke toko buku. Sebelumnya seorang teman saya juga sering menyebut-nyebut Cecelia, dia menyebut Cecelia sebagai satu-satunya penulis romance yang bisa diterima akalnya.

Jumat, 17 Juni 2016

[Book Review] Love & Misadventure (Cinta & Kesialan-Kesialan) - Lang Leav


Judul: Love & Misadventure  (Cinta & Kesialan-Kesialan)
Penulis: Lang Leav
Penerjemah: M. Aan Mansyur
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 168 Halaman
ISBN: 978-602-03-2564-4
Kategori: Puisi
Sinopsis:
Kau ingat lagu yang berkumandang pada malam kita bertemu pertama kali?
Tidak, tapi aku ingat semua lagu yang kudengarkan sejak kau pergi.
***

Jumat, 10 Juni 2016

[Book Review] One Hundred Names (Seratus Nama) - Cecelia Ahern


Judul: One Hundred Names  (Seratus Nama)
Penulis: Cecelia Ahern
Penerjemah: Nurkinanti Laraskusuma
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 464 Halaman
ISBN: 978-602-03-1212-5
Kategori: Novel Dewasa
Sinopsis:
Kitty Logan ditugaskan Pete, pemimpin redaksi barunya, untuk menulis kisah terakhir yang tidak sempat ditulis Constance, pemimpin redaksi Etcetera yang baru meninggal karena kanker.
Kitty menyanggupinya, demi bertahan di Etcetera.
Kitty mendapat petunjuk berupa daftar seratus nama yang disimpan Constance. Ia hanya punya waktu dua minggu untuk menulis kisah dari seratus nama itu. Tidak ada penjelasan apa pun tentang nama-nama itu. Padahal, Kitty tak pernah mendengarnya satu pun. Akankah Kitty berhasil membuktikan pada Pete bahwa ia layak dipertahankan di Etcetera?
***

Kamis, 09 Juni 2016

[Book Review] Tidak Ada New York Hari Ini - M Aan Mansyur


Judul: Tidak Ada New York Hari Ini
Penulis: M Aan Mansyur
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 120 Halaman
ISBN: 978-602-03-2723-5
Kategori: Puisi

***
Siapa yang tidak tahu buku puisi ini?. Buku puisi yang paling menghebohkan beberapa waktu terakhir. Buku ini menjadi hits berbarengan dengan keluarnya film AADC 2. Mengapa tidak, pasalnya buku ini memuat puisi-puisi yang dibacakan Rangga di film AADC 2. Puisi-puisi ini ditulis dengan apik oleh Aan Mansyur yang memang sudah dikenal sebagai seorang penyair muda. Melalui Aan Mansyur terciptalah puisi-puisi yang menggambarkan perasaan Rangga terhadap Cinta setelah 14 tahun berpisah. Keseluruhan puisi ini memang ditulis berdasarkan kejadian dan dialog AADC 2, hasil observasi penulis tentang New York dan segala hal yang berhubungan dengan Rangga.

Jumat, 20 Mei 2016

[Book Review] Sudahkh Kau Memeluk Dirimu Hari Ini? - M Aan Mansyur


Judul: Sudahkah Kau Memeluk Dirimu Hari Ini?
Penulis: M Aan Mansyur
Penerbit: Motion Publishing
Tebal: 184 Halaman
ISBN: 978-602-95360-2-7
Kategori: Puisi
Ini adalah buku kumpulan puisi Aan Mansyur kedua yang saya baca. Meskipun buku ini sudah terbit sejak 2012 lalu tapi yaa saya baru membacanya sekarang. Sejak mengenal Aan Mansyur lewat buku Kukila saya jadi penasaran dengan buku-bukunya yang lain. Jadilah saya mencari buku-bukunya yang terdahulu, termasuk buku ini. Hati rasanya senang gara-gara nambah lagi koleksi buku puisinya, langsung dibaca kok, nggak ditimbun dulu #ups.

Kamis, 19 Mei 2016

[Book Review] If You Could See Me Now (Andai Kau Bisa Melihatku) - Cecelia Ahern


Judul: If You Could See Me Now (Andai Kau Bisa Melihatku)
Penulis: Ceclia Ahern
Penerjemah: Lina Jusuf
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 312 Halaman
ISBN: 978-602-03-1623-9
Kategori: Novel Dewasa
Sinopsis:
Segala sesuatu dalam hidup Elizabeth Egan berada di tempatnya masing-masing. Keteraturan dan presisi menjaga kehidupan tetap dalam kendali - dan mengamankan hati Elizabeth dari masa lalu yang menyakitkan. Perannya sebagai ibu bagi keponakannya yang baru enam tahun tidak menyisakan ruang untuk kesalahan, juga kesempatan bersenang-senang. Hingga suatu hari Ivan yang misterius datang – Ivan yang riang, spontan, selalu mencari petualangan – kebalikan dari Elizabeth. Namun, ketika Elizabeth mulai memercayainya, Ivan ternyata bukanlah seperti yang diperlihatkannya.
Ini adalah kisah tentang Elizabeth, seorang perempuan dewasa, matang dan mandiri. Elizabeth selalu bisa mengendalikan hidupnya. Baginya semua hal harus berjalan sesuai rencana, terstruktur dan rapi. Ia tidak mentolerir kesalahan dan tidak punya waktu untuk bermain-main. Hidup yang rumit telah ia sederhanakan dengan keteraturan yang ia ciptakan sendiri.

Minggu, 06 Maret 2016

[Book Review] Where Rainbows End (Di Ujung Pelangi) - Cecelia Ahern

Judul                : Where Rainbows End (Di Ujung Pelangi
Penulis             : Cecelia Ahern
Halaman          : 630 Halaman
Penerbit           : Gramedia Pustaka Utama
ISBN               : 978-979-22-9789-8
Kategori          : Novel


From: Azmi
To: Rosie
Subject: Terim Kasih!

Dear Rosie, 
Terima kasih sudah mengizinkanku untuk ikut membaca semua surat dan chattinganmu dengan orang-orang tersayangmu. Aku jadi tahu bagaimana tabah dan kuatnya dirimu sebagai seorang anak, ibu, saudara dan sahabat. Kamu pribadi yang penuh kejutan dan menyenangkan. Aku senang akhirnya kamu menemukan kebahagianmu sendiri.

Salam,
Azmi



Ini adalah kisah kehidupan Rosie dan Alex. Mereka adalah dua orang yang sudah bersahabat sejak kecil. Mereka bertetangga, mereka satu sekolah dan satu bangku. Sejak kecil mereka selalu bersama, melakukan banyak hal bersama. Tidak ada yang tidak diketahui Rosie tentang Alex dan begitupun sebaliknya. Rosie dan Alex berpisah ketika mereka di tahun terakhir sekolah menengah atas karena Alex harus pindah ke Amerika lantaran orang tua Alex yang pindah tugas ke sana. Dari situ semakin banyak hal mengejutkan yang muncul di kehidupan mereka berdua. Kadang kala mereka harus menjalani kehidupan mereka masing-masing tanpa harus saling memberi kabar. Tetapi kekuatan persahabatan di antara mereka nyatanya tidak bisa dipisahkan. Sesibuk apapun dengan kehidupan pribadi masing-masing mereka selalu saling memberi kabar lewat email ataupun surat.

Namun ada perubahan yang secara perlahan masuk dalam kehidupan mereka, yaitu cinta. Terdengar klise memang, kisah persahabatan yang berujung cinta. Tetapi percayalah perjalanan mereka menuju cinta itu tidaklah biasa. Ini adalah buku kedua Cecelia Ahern yang say abaca dan ya saya jatuh hati sekali lagi pada Ahern. Humornya, sarkasmenya, romantismenya dan pemikiran-pemikirannya selalu membuat saya jatuh hati. Saya yang suka cerita romance tentu saja langsung suka pada cerita Ahern kali ini. Ada kalimat Rosie yang ia tulis di dalam suratnya kepada Alex yang menjadi salah satu favorit saya. Ini adalah perasaan Rosie terhadap suaminya.

“Aku tahu sulit bagi orang lain memahami bagaimana dia sebenarnya. Yang bisa kaulihat hanyalah sikap paranoidnya yang terlalu ingin melindungi. Tapi, ya Tuhan, sikap itu justru membuatku merasa aman dan diinginkan. Dan ketololannya membuatku tertawa! Masih dibutuhkan waktu lama bagi kami menjadi pasangan sempurna. Jelas, pernikahan kami tak seindah pernikahan dalam dongeng, dia tidak menghujaniku dengan kelopak mawar dan menerbangkanku ke Paris untuk libur akhir pecan, tapi saat aku potong rambut, dia menyadarinya. Saat aku berdandan untuk keluar malam, dia memujiku. Saat aku menangis, dia menyeka air mataku. Saat aku merasa kesepian, dia membuatku merasa dicintai. Dan siapa yang butuh Paris, kalau kau bisa mendapatkan pelukan?”
(di ujung pelangi, halaman 219)


Ada yang unik dari buku ini yaitu penulisan cerita yang dituangkan pada surat-surat dan email yang dikirim oleh tokoh-tokoh yang ada di dalambuku. Bagi saya ini sangat menarik. Alur mundur yang rapi dan gaya cerita yang tidak melulu serius membuat buku ini semakin menarik bagi saya. Saya tidak ingin cepat-cepat menyelesaikan cerita di buku ini karena saya terkesima pada dialog-dialog dan kalimat-kalimat dalam surat-surat mereka. Membuat saya mengkerut, tersenyum, tertawa dan bersedih. Lengkap. Kisah romance biasa yang dituangkan dengan cara yang tidak biasa. 

Selamat membaca kisah Rosie dan Alex.